YUSNAWATI YUSUF MAKKUNRAI UGI

Pengusaha sukses di bidang konstruksi, peduli pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

TOKOH SAUDAGAR MUSLIMAH INDONESIA

PERSAMI merupakan salah satu organisasi sosial yang merupakan Singkatan dari Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia. Organisasi ini memiliki visi terbinanya saudagar muslimah Indonesia dalam pengembangan dan penguatan ekonomi Halal Velue Chain (HVC), mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah ditingkat nasional maupun global. Salah satu misinya mendukung terwujudnya ekosistem agro industri halal yang inovatif. Diantara program kegiatan PERSAMI adalah mendukung pemerintah dalam penguatan potensi lokal, menjadi kekuatan ekonomi nasional dan global dalam ekspor industri halal, Wisata Halal, meningkatkan halal lifestyle dengan penguatan tekhnologi. Wadah bagi saudagar muslimah ini, YUSNA diberi kepercayaan sebagai bendahara umum pengurus pusat periode 2021-2026.

Indonesia memiliki sejumlah tokoh saudagar muslimah yang telah menginspirasi banyak orang dengan kesuksesan mereka dalam dunia bisnis. Para tokoh ini tidak hanya menjadi teladan dalam meraih kesuksesan finansial, tetapi juga dalam upaya mereka untuk memberdayakan perempuan dan masyarakat sekitar.

Salah satu tokoh saudagar muslimah yang patut diacungi jempol adalah Hj. Rina Gunawan, pendiri sebuah perusahaan kosmetik halal ternama di Indonesia. Melalui usaha yang ia bangun, Rina Gunawan tidak hanya berhasil meraih kesuksesan bisnis yang mengesankan, tetapi juga berperan aktif dalam mendorong industri kosmetik yang ramah lingkungan dan halal di Indonesia. Ia juga memberikan kesempatan kerja kepada banyak perempuan Indonesia dan memberikan pelatihan serta pendampingan kepada mereka agar dapat mandiri secara finansial.

Selain itu, Hj. Ita Amalia, pendiri salah satu perusahaan fesyen muslim ternama di Indonesia, juga merupakan tokoh saudagar muslimah yang inspiratif. Dalam bisnisnya, Ita Amalia berhasil menghadirkan produk fesyen muslim yang berkualitas, modern, dan sesuai dengan nilai-nilai agama. Ia tidak hanya sukses secara finansial, tetapi juga berupaya mempromosikan hijab sebagai simbol kecantikan dan kemandirian perempuan Muslim. Ita Amalia juga aktif dalam mendukung program pemberdayaan perempuan dan memberikan peluang kerja kepada perempuan muda yang ingin terlibat dalam industri fesyen.

Tidak hanya dalam bidang kosmetik dan fesyen, ada pula tokoh saudagar muslimah yang telah mencatatkan prestasi gemilang dalam industri kuliner. Hj. Farah Quinn, seorang chef terkenal, tidak hanya mahir dalam memasak makanan lezat, tetapi juga mampu membangun merek kuliner yang sukses. Farah Quinn menginspirasi banyak orang dengan keahliannya dalam memadukan cita rasa internasional dengan nuansa Indonesia yang kaya. Melalui bisnis kuliner yang ia jalankan, Farah Quinn telah mengangkat kekayaan kuliner Indonesia dan memberikan dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata Indonesia.

Keberhasilan para tokoh saudagar muslimah Indonesia ini tidak lepas dari nilai-nilai yang mereka anut, seperti integritas, etika bisnis yang baik, dan kepedulian terhadap masyarakat. Mereka tidak hanya memusatkan perhatian pada keuntungan finansial semata, tetapi juga berupaya untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat sekitar mereka.

Kehadiran tokoh saudagar muslimah Indonesia ini menjadi sumber inspirasi bagi perempuan Indonesia dalam mengembangkan potensi bisnis dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat. Mereka membuktikan bahwa kesuksesan dan nilai-nilai agama tidaklah saling bertentangan, tetapi justru dapat menjadi sumber kekuatan dan motivasi untuk mencapai tujuan hidup yang lebih bermakna.

Melalui kisah sukses dan dedikasi mereka, tokoh saudagar muslimah Indonesia memberikan contoh nyata bahwa perempuan Muslim memiliki potensi yang luar biasa dalam dunia bisnis. Dengan semangat dan tekad yang kuat, mereka telah membuktikan bahwa perempuan mampu mencapai kesuksesan yang gemilang dan pada saat yang sama, tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar mereka.

Mereka adalah teladan bagi perempuan Indonesia yang ingin meniti karier di dunia bisnis, sekaligus menjalankan peran sosial sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Dengan semangat dan inspirasi dari tokoh saudagar muslimah Indonesia, diharapkan semakin banyak perempuan Indonesia yang mampu mengembangkan potensi diri dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.