YUSNAWATI YUSUF MAKKUNRAI UGI

Pengusaha sukses di bidang konstruksi, peduli pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

TOKOH NASIONAL PEREMPUAN DEMOKRAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI)

Kader perempuan Partai Demokrat adalah menjaga prinsip keadilan antara laki-laki dan perempuan selalu diterapkan dalam proses pembuatan keputusan, dan meningkatkan semangat saling memberdayakan antar perempuan dalam tubuh partai. Kultur Partai Demokrat yang ramah perempuan dari tingkat pimpinan sampai tingkat praktik adalah modal sosial penting yang belum tentu dimiliki oleh partai politik lain. maka dari itu tergeraklah untuk bergabung dalam organisasi perempuan partai demokrat yang disebut PDRI. Pengalaman awal dalam struktur kepengurusan sebagai wakil sekretaris, kemudian saat ini diangkat sebagai sekretaris jenderal PDRI periode 2023-2027.

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keberagaman dan potensi luar biasa, memiliki tokoh-tokoh perempuan yang tak hanya menginspirasi, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan bangsa. Salah satu kelompok yang terkenal adalah Tokoh Nasional Perempuan dari Demokrat Republik Indonesia (PDRI). Mereka merupakan perwakilan terkemuka dari partai politik yang berdedikasi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan mewakili suara mereka dalam arena politik.

Tokoh Nasional Perempuan PDRI adalah para wanita yang berperan penting dalam mengambil inisiatif dan memimpin perjuangan dalam mencapai kesetaraan gender, kesejahteraan perempuan, dan keadilan sosial di Indonesia. Mereka memiliki peran yang signifikan dalam memperkuat posisi perempuan di politik dan berkontribusi dalam pembuatan kebijakan yang berpihak kepada perempuan dan masyarakat secara umum.

Para tokoh ini memiliki beragam latar belakang dan pengalaman yang memperkaya perspektif dan pemahaman mereka terhadap isu-isu yang berkaitan dengan perempuan. Mereka terdiri dari akademisi, politisi, aktivis, dan pemimpin masyarakat yang secara aktif terlibat dalam kegiatan partai politik, organisasi non-pemerintah, dan gerakan sosial.

Sebagai perwakilan dari Demokrat Republik Indonesia, tokoh-tokoh perempuan ini bertujuan untuk mempromosikan keadilan gender, memperjuangkan hak-hak perempuan, dan meningkatkan partisipasi politik perempuan. Mereka berusaha mendorong peningkatan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi oleh perempuan Indonesia, termasuk kekerasan berbasis gender, kesenjangan ekonomi, dan akses terhadap pendidikan dan kesehatan.

Salah satu langkah penting yang diambil oleh Tokoh Nasional Perempuan PDRI adalah memperjuangkan peningkatan jumlah perempuan dalam posisi kepemimpinan politik. Mereka mendorong pemberian kesempatan yang lebih besar bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan politik dan kepemimpinan di semua tingkatan, mulai dari tingkat lokal hingga nasional.

Selain itu, tokoh-tokoh ini juga berperan dalam membentuk kebijakan publik yang berpihak kepada perempuan dan memperjuangkan implementasi hukum yang melindungi hak-hak perempuan. Mereka bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan organisasi masyarakat sipil untuk mengadvokasi isu-isu perempuan dalam agenda politik dan pembangunan nasional.

Keberadaan Tokoh Nasional Perempuan PDRI memberikan inspirasi dan dorongan bagi perempuan lainnya untuk terlibat dalam politik dan memperjuangkan hak-hak mereka. Mereka menjadi teladan bagi generasi muda perempuan untuk berani bermimpi besar, mengambil peran aktif dalam pembangunan bangsa, dan berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Demokrat Republik Indonesia sebagai partai politik turut berperan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perempuan dalam berpartisipasi aktif dalam politik dan kepemimpinan. Partai ini memiliki komitmen untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam kepengurusan partai dan memberikan ruang yang lebih besar bagi perempuan untuk berkiprah di dunia politik.

Dengan kehadiran dan kontribusi tokoh-tokoh perempuan dari PDRI, diharapkan bahwa peran dan suara perempuan semakin didengar dan diakui dalam proses pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan politik di Indonesia. Dengan demikian, kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan dapat tercapai secara lebih menyeluruh.

Tokoh Nasional Perempuan PDRI adalah teladan yang inspiratif dan gigih dalam memperjuangkan hak-hak perempuan serta mewakili aspirasi perempuan dalam dunia politik. Dukungan terhadap perempuan dalam politik dan pemerintahan akan terus diperjuangkan, sehingga Indonesia dapat membangun masyarakat yang lebih inklusif dan merata bagi semua warganya.